8 Ide Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal

Bagi kamu pelajar yang ingin memiliki penghasilan sendiri dan memulai untukĀ  membuka bisnis namun terbatas dengan modal, pada kesempatan kali ini Tipspraktiz akan memberikan ide bisnis online untuk pelajar tanpa modal.

Modal sebenarnya bukan menjadi hal utama yang diperlukan ketika akan memulai sebuah bisnis. Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Melalui perkembangan teknologi tersebut kita dapat menjalankan banyak bisnis tanpa modal.

Apabila kamu sebagai pelajar ingin mencoba berbisnis, pilihlah bisnis yang kira-kira tidak banyak menyita waktu kamu. Hal ini dikarenakan supaya kamu juga dapat memperoleh pendidikan dengan baik. Jadi, dalam berbisnis dan pendidikan harus seimbang.

Bisnis Online Untuk Pelajar Tanpa Modal

Berikut ini merupakan beberapa ide bisnis online untuk pelajar tanpa moda. Sangat cocok bagi kalian yang masih sekolah untuk menjelankan usaha seperti berikut ini.

1. Jasa Penulis Artikel

Jika kamu memiliki keahlian dalam menulis, maka bisnis yang pertama ini patut kamu coba. Saat ini banyak orang yang memiliki blog. Mereka membutuhkan banyak konten artikel. Namun, sayangnya tidak banyak dari mereka yang memiliki kemampuan menulis artikel yang baik dan menarik.

Bisnis jasa penulis artikel ini lumayan menjanjikan dan menguntungkan. Apabila kamu sudah ahli di bidang ini, maka upah yang kamu terima bisa mencapai ratusan ribu rupiah per artikel.

Perlu kamu ketahui, menulis artikel dengan bahasa Inggris akan mendapat bayaran lebih mahal dibandingkan dengan artikel yang berbahasa Indonesia. Selain itu, semakin panjang artikel, bayaran yang didapat pun juga semakin besar.

Untuk memulai bisnis ini kamu hanya perluĀ  membuat akun di beberapa situs khusus freelance. Jangan lupa melampirkan beberapa contoh tulisan yang kamu buat pada saat menawarkan diri sebagai penulis artikel. Tujuannya agar calon klien bisa mempertimbangkan dan kamu mendapatkan tambahan nilai jual.

2. Dropshipper atau Reseller

Bisnis selanjutnya yang dapat dicoba adalah menjadi dropshipper atau reseller. Banyak orang mengira dropshipper dan reseller adalah hal yang sama. Namun, sebenarnya keduanya berbeda.

Dropship merupakan sebuah bisnis di mana kamu menjual produk milik orang lain dengan menggunakan merek kamu sendiri. Sedangkan reseller kamu hanya menjual kembali produk dari supplier tanpa mengganti mereknya. Kedua bisnis ini sama-sama memiliki banyak peminat dan mudah untuk dilakukan.

Penghasilan yang kamu dapat berasal dari selisih antara harga beli ke supplier dan harga jualmu ke konsumen. Pada sistem dropship ini kamu tidak perlu mempunyai stok barang. Caranya hanya dengan bekerja sama dengan supplier kemudian memasarkan produk mereka. Promosinya bisa dilakukan melalui website atau sosial media lainnya.

Pilihlah produk yang kira-kira banyak dibutuhkan dan dicari oleh konsumen. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Jangan jual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga pasaran supaya calon konsumen berminat untuk membeli melalui kamu.

3. Jasa Penerjemah

Banyak terdapat perusahaan yang membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Hal ini dikarenakan ada beberapa perusahaan yang melakukan kerjasama dengan perusahaan asing. Sehingga menyebabkan beberapa dokumen perlu diterjemahkan.

Namun yang terjadi di lapangan, banyak perusahaan yang tidak memiliki penerjemah. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing.

Sebagai awalan, kamu bisa menawarkan jasa kepada teman, saudara atau kerabat. Selain itu kamu juga bisa mencari proyek kecil melalui internet. Apabila kamu memiliki banyak portofolio yang berkualitas, maka semakin besar pula peluang yang kamu dapatkan.

Pekerjaan ini tidak terlalu menyita banyak waktu. Kamu bisa mengerjakan di waktu yang luang. Yang paling utama bisnis ini tidak memerlukan modal sama sekali. Modal yang diperlukan hanya keahlian dalam berbahasa asing. Kemudian kamu sudah bisa menawarkan diri sebagai jasa penerjemah di internet.

4. Jasa Desain Grafis

Apakah kamu memiliki kemampuan mendesain? Jika ya kamu bisa memanfaatkannya.

Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang membutuhkan jasa desain grafis. Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya teruslah berlatih untuk mendesain agar kualitas meningkat dan menambah portofolio. Bisnis ini juga tanpa memerlukan modal.

Namun, hasil yang didapat dari sebuah desain bisa tergolong mahal. Apalagi, jika kamu telah menjadi seorang desainer profesional. Bayaran yang didapat bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk setiap desainnya.

Apabila kamu telah memiliki desain yang profesional, maka dapat bergabung ke beberapa marketplace penyedia jasa. Disana kamu akan memperoleh banyak manfaat. Salah satunya kamu memiliki kesempatan untuk menerima proyek desain baik dari dalam negeri hingga luar negeri.

5. Fotografi

Apabila kamu memiliki hobi fotografi, sebaiknya tekunilah dan terus berlatih. Untuk memfoto sebuah objek bisa dilakukan semua orang. Namun untuk mendapat angel yang bagus, tidak semua orang bisa melakukannya.

Untuk memulainya, tidak perlu menggunakan kamera dengan harga mahal. Kamu bisa menggunakan kamera apa saja yang kamu punya. Yang paling penting adalah kamu mengetahui teknik pengambilan gambar yang bagus.

Jika foto yang dihasilkan sudah bagus, kamu dapat menjualnya dan tentu akan menghasilkan uang. Apalagi jika kamu juga memiliki kemampuan untuk mengedit gambar. Harga hasil foto akan lebih tinggi.

6. Vlogger

Vlog merupakan kependekan dari video blog. Isinya hampir mirip dengan blog, namun penyajiannya dalam bentuk video. Konten yang dibuat bisa berupa kehidupan pribadi, travelling, kuliner, cover lagu, dan masih banyak lagi.

Vlogger saat ini sedang banyak diminati dan dilakukan oleh generasi milenial. Pekerjaan ini sangat menguntungkan. Untuk langkah awal, kamu bisa membuat konten hanya melalui kamera handphone saja. Kamu perlu percaya diri, kreatif, dan memiliki kemampuan untuk mengedit video.

Apabila konten sudah dibuat, kamu dapat langsung mengunggahnya secara gratis pada situs penyedia konten video. Semakin memiliki konten yang menarik, semakin banyak pula orang yang menonton videomu. Sehingga kamu bisa memperoleh penghasilan hingga jutaan rupiah.

7. Jasa Pembuatan Website Online

Website saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Karena melalui website, perusahaan akan mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya dapat merepresentasikan perusahaan dan memperkenalkan produk. Apabila tampilan website profesional akan membuat perusahaan semakin terpercaya.

Jika kamu memiliki keahlian untuk membuat website, maka peluang ini dapat kamu manfaatkan. Kamu dapat memulainya dengan membuat website sendiri untuk menawarkan jasa. Bagi kamu yang belum memiliki modal, bisa menggunakan media media penyedia pekerjaan freelance.

Jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Apalagi saat ini zaman semakin berkembang, semakin banyak yang membutuhkan website. Untuk memperoleh hasil yang baik, seringlah untuk melihat referensi website.

8. Blogger

Blog saat Ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk menulis cerita pribadi. Namun juga dapat dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan.

Keuntungan yang didapat dari blog bisa diperoleh melalui memasang iklan online lewat Google Adsense ataupun menjual jasa review.

Penutup

Itulah 8 ide bisnis online untuk pelajar tanpa modal. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan lupa untuk membagi waktu dengan baik antara mencari uang dan pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba memulai bisnis.

Tinggalkan komentar