Aplikasi Yang Tidak Penting Perlu Dihapus Dari HP

Akhir-akhir ini ponsel pintar sedang banyak termakan oleh berbagai aplikasi yang tidak perlu. Tidak hanya bisa menghapiskan ruang penyimpanan pada memori bawaan atau internal saja, namun aplikasi yang tidak penting ini juga dapat mengganggu performa dari hp kalian dan baterai pun menjadi boros.

Jika kalian sedang mengalami masalah ponsel yang lemot dan berat, itu artinya kita sudah harus menghapus dan membersihkan beberapa aplikasi yang tidak penting tersebut. Jika kalian mau performa dari ponsel kembali pulih, di bawah ini mimin bagikan daftar beberapa aplikasi yang tidak penting yang wajib kalian hapus.

Beberapa Aplikasi Yang Tidak Penting

1. Aplikasi yang mengklaim dapat menghemat RAM

Aplikasi yang berjalan pada background umumnya akan memakan banyak RAM dan baterai. Apalagi ketika ponsel pintar kalian lagi ada pada posisi standby. Cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan memaksimalkan kembali memori melalui menutup semua apk yang tengah berjalan pada background dengan sistematis.

Namun, tentunya hal tersebut dapat menimbulkan masalah. Apk yang sedang berjalan di background ini harus melakukan restart ulang sesudah kalian menutupnya. Sehingga memori dan baterai pun juga ikut tersedot ketika proses restart tersebut. Selain itu, dengan mematikan dan memulai ulang aplikasi dapat menjadikan ponsel tidak stabil.

Sehingga, apk penghemat memori ini sebetulnya tidak penting. Apalagi Android melakukan pengelolaan RAM dengan otomatis, dan juga mengetahui kapan aplikasi harus dijalankan atau tidak. Tidak ada apk pihak ketiga yang diperlukan.

2. Clean Master atau sejenisnya

Aplikasi pembersih yang mengklaim dapat membersihkan hp guna meningkatkan kinerja. Memang ada betulnya karena terkadang aplikasi yang terhapus sering masih meninggalkan cached data. Namun, sebenarnya tidak perlu hingga harus menginstal apk pembersih yang khusus. Terdapat cara yang lebih mudah yaitu masuk ke menu Settings. Kemudian Storage dan tekan Cached, selanjutnya tekan OK sesudah Clear cached data muncul.

Cara yang lainnya yaitu kalian dapat membersihkan cache yang ada pada tiap aplikasi melalui masuk ke Settings. Setelah itu pilih Apps, pilihlah Downloaded kemudian pilih apk yang ingin kalian hapus cachenya. Jika sudah tekan tombol Clear Cache.

Clean Master dan aplikasi yang semacamnya menghabiskan banyak baterai. Tidak hanya itu iklan-iklan yang ada pada apk ini juga dapat menyedot kuota internet. Jadi sebaiknya kalian hapus saja dari smartphone.

3. Aplikasi Anti Virus

Ponsel Android kalian dan Play Store sebetulnya telah dapat melakukan apa saja yang di tawarkan oleh anti virus. Bagi theft protection Android Device Manager dapat bekerja dengan aman tanpa membutuhkan apk tambahan.

Sedangkan jika terdapat apk yang menyembunyikan malware, Google telah dapat mengeceknya sebelum masuk ke Play Store. Apk anti virus ini akan lebih bermanfaat jika kalian kerap mengunduh dan juga melakukan install pada file APK yang dari luar Play Store.

4. Aplikasi Penghemat Baterai

Mirip dengan RAM Booster, aplikasi penghemat baterai ini juga umumnya hanya berisi hal-hal yang tak penting. Apk ini menawarkan solusi bagi smartphone yang beramasalah serta menjanjikan keajaiban. Tentu, semua hal tersebut terlalu berlebihan.

Guna meningkatkan baterai, apk penghemat baterai harus melakukan kontrol pada ponsel Android. Namun, karena Android tidak dapat di kontrol tanpa root privilege, maka apk dari Google Play Store tidak dapat dengan bebas masuk lalu mengambil alih. Sehingga, paling maksimal, apk penghemat baterai ini hanya dapat memberikan saran ataupun memberi peringatan ketika ada banyak aplikasi yang membuat ponsel berat.

Solusinya, kalian buka Setting kemudian pilih akses Battery. Jika sudah carilah apk yang terdapat pada daftar penyedot daya paling besar. Lalu klik tutup paksa atau ‘force close’.

5. Hapus Bloatware

Yang terakhir ini sebetulnya lumayan sulit. Ada banyak vendor yang biasanya memasukkan apk bawaan pada ponsel atau sering disebut dengan bloatware. Contohnya yaitu apk office, hotel booking, dan lain sebagainya.

Padalah apk tersebut banyak yang tidak bermanfaat dan malah menyedot ruang penyimpanan. Dan yang membuat sebal yaitu kadang kala aplikasi ini tidak dapat di uninstall atau hanya dapat di deactivate, kecuali jika ponsel di root.

Baca Juga : Aplikasi Live Streaming Yang Bagus

Jalan keluarnya yaitu melalui membeli ponsel pintar yang mengijinkan penggunanya untuk melakukan uninstall bloatware, misalnya Huawei. Selain itu, bisa juga dengan membeli ponsel yang tidak terlalu banyak terdapat apk bawaan misal Oppo dan Lenovo.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa daftar aplikasi yang tidak penting yang dapat di hapus dari ponsel supaya performa smartphone kalian bisa lebih meningkat. Semoga informasi di atas bisa membantu dan berguna untuk kalian semua. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar