Bluetooth Hidup Sendiri: Penyebab dan Solusinya

Masih ada banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara mengatasi bluetooth hidup sendiri pada Android. Pada dasarnya masalah semacam ini memang cukup sulit untuk di perbaiki apabila kalian belum mengerti apa penyebab sesungguhnya. Di artikel kami kali ini akan membahas dengan lengkap mulai dari penyebab dan juga solusinya.

Hingga saat ini, Bluetooth masih mempunyai peran yang penting terutama di smartphone Android. Yaitu mempunyai fungsi untuk mengirimkan file jarak dekat tanpa kabel atau nirkabel dengan kecepatan transfer yang bervariasi. Kecepatan tersebut tergantung dari kecanggikah teknologi Android tersebut.

Meskipum telah ada banyak aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengirim file jarak jauh, bahkan dapat di katakan lebih baik daripada bluetooth. Tetapi tetap saja kadan kala guna menjalankan aplikasi tersebut harus menyalakan bluetooth. Salah satu contohnya yaitu SHAREit.

Untuk kalian yang belum tahu penyebab dan juga solusi bluetooth hidup sendiri terus, kami akan mengulasnya di artikel ini secara lengkap. Jadi, silahkan baca hingga akhir ya.

Solusi Bluetooth Hidup Sendiri di Android

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat kalian coba supaya bluetooth tidak error lagi.

1. Bersihkan Aplikasi Latar Belakang

Cara pertama yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menghentikan seluruh aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Kadang terdapat beberapa aplikasi lain yang menjadi penyebab bluetooth terus menyala. Salah satunya yakni SHAREit.

Biasanya, setelah mengirimkan ataupun menerima file lewat SHAREit, fungsi dari bluetooth bisa menjadi error dan terus-terusan menyala meskipun telah di matikan. Solusinya yaitu melalui mencoba menghentikan seluruh aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Caranya sangat mudah. biasanya hanya melalui klik tombol menu yang ada di samping tombol home. Kemudian tekan icon silang di layar.

2. Restart Android

Sebetulnya cara kedua ini merupakan cara paling mudah dan selalu berhasil. Kalian dapat untuk mencoba menyalakan ulang Android. Apabila memang permasalahan ini penyebabnya karena terdapat kesalahan fungsi sistem.

Kami menyarankan untuk mencoba restart dulu, hal ini juga bukan hanya sebagai solusi masalah bluetooth error saja. Namun juga malfungsi lain yang mungkin bisa terjadi di Android kalian.

Baca Juga: Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Dengan Mudah

3. Bersihkan Data Bluetooth

Setiap aplikasi yang terinstall tentu akan menyimpan data tersendiri. Baik itu dari aplikasi bawaan ataupun dari pihak ketiga yang kalian unduh sendiri. Biasanya apabila aplikasi tersebut telah terlalu banyak data yang tersimpan maka akan menyebabkan beberapa masalah atau bug.

Sehingga tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk menghapus data Bluetooth. Caranya mudah sekali, yakni kalian harus membuka pengaturan manajer aplikasi terlebih dahulu. Kemudian pilih bluetooth dan tekan opsi “Hapus Data”.

4. Perbarui Sistem Android

Terdapat banyak orang yang mengabaikan notifikasi bahwa telah tersedia versi terbaru bagi Android kalian. Hal ini tidak kalah pentingnya. Karena pembaruan sistem berperan sekali agar kinerja Android kalian bisa tetap stabil.

Masalahnya, apabila kalian masih memakai sistem Android versi yang lama, tidak menutup kemungkinan bahwa akan banyak bug di dalamnya.

Penyebab Bluetooth Hidup Sendiri di Android

Dari beberapa solusi yang sudah kami berikan di atas tadi, kita dapat menyimpulkan bahwa penyebab dari bluetooth error antara lain:

  • Malfungsi sistem Android
  • Terlalu banyak data yang tersimpan pada aplikasi Bluetooth
  • Aplikasi dari pihak ketiga yang menjadikan perintah Bluetooth menyala secara otomatis.
  • Sistem Android telah lama tidak di update, termasuk juga aplikasi bluetooth yang masih di versi lama.

Demikian informasi tentang cara mengatasi Bluetooth hidup sendiri di Android. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian semua. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar