Cara Membuat Landing Page di WordPress

Apakah Anda ingin membuat landing page di WordPress namun mengalami kendala karena belum mengetahui caranya? Sangat tepat Anda mengunjungi halaman ini, karena Tipspraktiz akan memberikan informasi kepada Anda cara membuat landing Page di WordPress.

Apa itu Landing Page?

Landing page merupakan sebuah halaman yang ada pada website di desain dengan tujuan agar penjualan dapat meningkat serta mengumpulkan konsumen atau leads.

Ketika Anda membuat promosi PPC, mengirimkan promosi melalui email marketing, ataupun memposting di sosial media, Anda dapat mengarahkan audiens menuju halaman website (landing page) tersebut.

Jadi, landing page akan membantu Anda dalam bisnis serta mengubah pengunjung halaman website Anda menjadi konsumen.

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Homepage merupakan halaman yang terdapat pada bagian depan website dan dapat dilihat oleh pengunjung ketika mereka menuliskan nama domain website Anda pada browser.

Selain itu, landing page juga dapat berupa suatu halaman pada website Anda yang menjadi halaman pertama yang dikunjungi oleh pengunjung pihak ketiga, misalnya iklan PPC, email marketing, sosial media, dan lain sebagainya.

Tujuan dari desain homepage ini adalah agar pengunjung dapat mengerti tentang bisnis Anda secara menyeluruh. Selain itu, agar mereka juga dapat jelajahi semua halaman website Anda seperti Tentang Kami, Kontak Kami, Produk Kami, hingga halaman karier.

Sedangkan tujuan dari desain landing page ini adalah agar menghasilkan conversion. Link yang terdapat pada landing page jumlahnya lebih sedikit daripada link yang dimiliki homepage agar pengunjung dapat langsung membeli produk, sign up, ataupun subscribe newsletter.

Dibawah ini beberapa perbedaan dari homepage dan landing page:

Homepage:

  1. Arahnya langsung ke halaman utama website.
  2. Memiliki fungsi untuk memberikan gambaran kepada pengunjung tentang bisnis secara menyeluruh.
  3. Di dalam homepage tersedia link-link penting ke halaman lain pada website.
  4. Memberikan kemungkinan agar calon konsumen dapat mengerti semua produk yang dijual.

Landing page:

  1. Hanya mengarah kepada salah satu halaman tertentu pada website.
  2. Memiliki fungsi sebagai penerima grafik dari beberapa saluran marketing, misalnya iklan, ads referral dan lain-lain.
  3. Hanya berfokus pada satu topik saja.
  4. Dapat mendorong calon konsumen agar membeli suatu produk atau mengisi formulir tertentu.

Landing page dibagi menjadi dua, yakni Lead Generation Landing Page dan Click Through Landing Page. Berikut ini perbedaan dari ke dua jenis tersebut:

  • Lead Generation Landing Page bertujuan untuk mengumpulkan berbagai informasi dari calon konsumen (leads) misal seperti nomor telepon, alamat email, dll. Biasanya perusahaan akan memberikan imbalan berupa e-book gratis atau layanan konsultasi gratis dan semacamnya.
  • Click Through Landing Page memiliki fungsi untuk menjadi tempat bagi calon konsumen melakukan pembelian

Pada dasarnya, anda hanya dapat memiliki satu homepage. Namun, Anda bisa memiliki banyak landing page dengan tujuan yang berbeda.

Mengapa Membuat Landing Page Di WordPress Menjadi Pilihan Yang Baik?

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan apabila Anda membuat landing page di WordPress:

  1. Tidak memerlukan pengetahuan coding

Membuat landing page pada WordPress tidak memerlukan kode apapun. Yang perlu Anda lakukan hanya menginstal tema Landing Page yang disukai kemudian buat konten Anda.

  1. Desainnya minimalis

Memiliki desain yang minimalis merupakan suatu hal yang baik, karena akan memudahkan pengunjung Anda untul lebih fokus pada konten yang terdapat pada Landing Page. Sehingga dapat membantu perusahaan dalam mengarahkan konversi kepada pengunjung.

  1. Tidak terdapat gangguan

Menu navigasi, tautan sosial media, tautan ke halalam lain di situs Anda, dan elemen lain yang terdapat pada desain Landing Page WordPress dihapus agar pengunjung dapat mengklik tombol ajakan untuk bertindak dan mengonversi. Sehingga memiliki peluang yang lebih tinggi untuk pengunjung mendaftar daripada di halaman biasa pada situs yang sama.

  1. Fokus pada aksi tunggal

Landing Page di WordPress hanya fokus pada satu tindakan saja memungkinkan pengunjung dapat melihat semua manfaat yang ada dari penawaran Anda kemudian mendaftar.

Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Mudah

WordPress menyediakan layanan bagi Anda untuk membuat, mengedit, dan melakukan pengaturan website lainnya tanpa coding. Yang perlu Anda lakukan hanya menarik elemen tertentu ke posisi yang kalian inginkan.

Terdapat beberapa plugin yang digunakan untuk membuat landing page secara gratis. Salah satu contohnya adalah Beaver Builder. Di bawah ini cara membuat landing page di WordPress menggunakan Beaver Builder:

  1. Pasang terlebih dahulu Beaver Builder dan juga lakukan aktivasi pada Beaver Builder. Kemudian, untuk melakukan konfigurasi bukalah menu Setting Beaver Builder.
  2. Klik tombol Enter License Key, kemudian inputkan kode lisensi yang Anda dapatkan dari akun yang sudah dibuat pada Beaver Builder.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuat landing page pertama Anda dengab cara bukalah menu Page, kemudian Add New. Ada beberapa tema WordPress yang menyediakan template ataupun template full width.
  4. Lalu pada bagian sebelah kanan pilihlah page builder kosong atau template full-width yang terdapat pada kolom Page Attributes. Tuliskan judul yang landing page Anda pada kolom yang tersedia kemudian klik Simpan atau Save. Jika sudah, klik tab Beaver Builder yang terletak pada bagian atas post editor untuk membuka editor Beaver Bulider.
  5. Template yang Anda pilih pada langkah sebelumnya akan ditampilkan Beaver Builder. Klik tombol Add di bagian pojok kanan atas kemudian ubah menjadi tab template.

Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Beaver Builder

Pada Beaver Builder telah tersedia beberala template siap pakai. Anda bisa memilih salah satu template sesuai keinginan atau yang menurut Anda paling cocok digunakan untuk toko Anda. Setelah memilih template, Beaver Builder akan menampilkan jendela preview.

  1. Kemudian pilihlah poin yang terdapat pada template dan editlah sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan atau mengurangi kolom pada template melalui tab Row dan klik tombol Add.
  2. Pindah bagian tab Module. Pada tahap ini Anda dapat mengganti teks, warna background, video, audio, heading, hingga dapat mengatur lebar dan tinggi kolom.
  3. Apabila anda telah selesai melakukan pengaturan pada landing page, selanjutnya klik tombol Done pada bagian pojok kanan atas dan langsung menerbitkan landing page Anda.

Akhir Kata

Itulah informasi yang dapat Tipspraktiz berikan mengenai cara membuat landing page di WordPress. Selamat mencoba membuat landing page untuk website toko Anda. Terima kasih.

Tinggalkan komentar