Cara Membuat Sitemap di WordPress Dengan Mudah

Cara membuat Sitemap di WordPress cukup mudah. Karena pengguna WordPress telah di dukung dengan kehadiran plugin. Sebagai ilustrasi, sitemap atau peta situs adalah daftar halaman web yang dapat pengguna dan mesin telusur akses.

Anda pasti sering mengunjungi situs web yang memiliki menu bernama Peta Situs. Tujuan dari menu ini adalah untuk memberikan instruksi kepada pengguna dan mesin pencari pada semua halaman yang dapat di akses di website tersebut.

Berikut beberapa manfaat memiliki peta situs di situs web:

  1. Memungkinkan mesin pencari untuk menemukan halaman di situs dengan mudah dan mengindeksnya lebih cepat.
  2. Peta situs dapat menginformasikan mesin pencari tentang perubahan struktur situs web.
  3. Memudahkan mesin pencari untuk mengindeks situs web yang memiliki banyak halaman dan tidak terstruktur atau tidak memiliki tautan internal.

Ini hanyalah beberapa manfaat memiliki peta situs di situs web dan mengapa Anda harus membuat peta situs di situs web WordPress Anda.

Dalam tutorial ini, kita akan langsung membahas jenis peta situs, cara menambahkan peta situs ke WordPress, dan cara mengirimkan url peta situs WordPress ke mesin pencari.

Apa itu Sitemap di WordPress?

Apa yang kamu butuhkan?

Sebelum memulai langkah-langkah dalam tutorial ini, pastikan Anda:

  • Anda memiliki akses ke area administrasi WordPress.

Pahami perbedaan antara peta situs XML dan peta situs HTML

Secara umum peta situs dibedakan menjadi dua kategori, yaitu peta situs XML dan peta situs HTML. Perbedaan utama antara keduanya adalah peta situs XML dirancang khusus untuk mesin telusur, sedangkan peta situs HTML ditujukan untuk pengguna atau pengguna situs web.

Peta situs XML – Seperti yang disebutkan sebelumnya, peta situs ini ditujukan untuk mesin telusur yang berisi metadata serta url situs web. Ini berisi informasi situs web ketika situs web memiliki pembaruan URL terbaru.

Peta Situs HTML – Peta situs ini dibuat untuk pengguna dan menyediakan navigasi yang mudah ke halaman. Ini memberi tahu pengguna tentang halaman kontak atau profil perusahaan dan sebagainya. Meskipun peta situs ini ditujukan untuk pengunjung situs web, ini juga dapat meningkatkan peringkat mesin pencari karena meningkatkan pengalaman pengguna di situs web Anda.

Kedua peta situs memudahkan mesin telusur untuk “merayapi” konten. Karenanya, kami menyarankan agar Anda memiliki mesin telusur dan pengguna secara bersamaan. Ini memastikan bahwa Anda tidak melewatkan bagian penting apa pun yang terkait dengan SEO, selain meningkatkan pengalaman pengguna di situs web Anda.

Sitemap merupakan komponen yang cukup penting pada sebuah website, terutama untuk blog yang masih baru dan tidak memiliki banyak backlink.

Baca Juga: Cara Membuat Postingan di WordPress

Cara Membuat Sitemap di WordPress

Langkah 1: Buat peta situs XML di WordPress

Peta situs XML di WordPress dapat Anda buat dengan berbagai cara. Tutorial ini menunjukkan cara menambahkan peta situs menggunakan dua plugin berbeda.

Opsi 1: Buat peta situs XML dengan Yoast SEO

Plugin Yoast SEO merupakan plugin yang cukup populer yang berguna untuk meningkatkan SEO di situs WordPress.

Plugin ini menangani masalah teknis terkait konten dan membantu Anda dengan kata kunci, tag h1 dan h2, membaca artikel dengan mudah, dan banyak lagi. Selain itu, plugin ini dapat membantu Anda membuat peta situs XML.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan peta situs XML ke situs WordPress Anda menggunakan plugin Yoast SEO.

  1. Instal dan aktifkan plugin Yoast SEO.
  2. Setelah plugin diaktifkan, silahkan pilih menu SEO> Features dan aktifkan bagian Advanced Settings.
  3. Fitur ini mengaktifkan peta situs XML untuk situs WordPress Anda dan menu Peta Situs XML akan muncul di bawah menu SEO. Di bagian ini Anda dapat menyesuaikan pengaturan seperti Max. Entri per peta situs.
  4. Dengan cara ini Anda telah berhasil membuat peta situs XML dengan sebuah plugin. Anda dapat membuka url peta situs dari link peta situs XML Anda.

Opsi 2: Buat peta situs XML menggunakan peta situs XML Google

Plugin peta situs XML Google juga dapat Anda gunakan untuk membuat peta situs XML. Tentunya untuk situs web Anda dengan tujuan yang sama membantu Serach Engines merayapi situs web Anda.

Dengan plugin ini sangat mudah membuat peta situs XML untuk mesin pencari seperti Google, Bing dan Yandex. Plugin ini membuat peta situs untuk semua situs WordPress dan url kustom. Selain itu, mesin pencari secara otomatis diberitahu ketika konten baru diterbitkan.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Instal dan aktifkan plugin Google XML Sitemaps
  2. Segera setelah pengaya di aktifkan, peta situs secara otomatis dibuat untuk situs web Anda.
  3. Untuk memeriksanya, akses URL peta situs melalui menu Pengaturan> Peta Situs XML.

Langkah 2: Buat peta situs HTML untuk WordPress

Anda dapat menggunakan plugin yang telah kami jelaskan di atas untuk membuat peta situs XML. Jika Anda ingin membuat peta situs HTML Anda juga dapat menggunakan plugin untuk halaman peta situs WP.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat peta situs HTML:

  1. Instal dan aktifkan plugin WP Sitemap Page di situs Anda.
  2. Buat halaman baru dan tambahkan shortcode berikut ke posting [wp_sitemap_page].
  3. Silakan publikasikan dan untuk melihat perubahannya, silakan akses URL halaman ini. Hasilnya kurang lebih terlihat seperti gambar berikut.

Baca Juga: Cara Membuat Landing Page di WordPress

Langkah 3: Kirimkan peta situs XML ke mesin pencari

Langkah 3.1: Kirimkan peta situs XML ke Google

Setelah peta situs XML situs web Anda di buat, sebaiknya kirimkan ke alat konsol penelusuran Google. Langkah pertama dalam mengirimkan peta situs Anda adalah melalui konsol mesin telusur Google. Periksa kepemilikan situs web Anda. Untuk langkah-langkahnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Setelah verifikasi selesai, buka halaman Google Search Console dan pilih situs baru yang Anda tambahkan.
  2. Klik menu Perayapan dan pilih Peta Situs.
  3. Klik Tambah / Uji Peta Situs.
  4. Masukkan URL peta situs WordPress Anda dan klik tombol Kirim.
  5. Harap tunggu beberapa hari sampai robot Google memproses kiriman Anda dan merayapi laman Anda.

Jika situs web Anda memiliki banyak gambar, kami sangat menyarankan untuk membuat peta situs gambar. Anda juga dapat membuat peta situs video jika situs web Anda memiliki banyak konten video.

Langkah 3.2: Kirimkan peta situs XML ke Bing

Bing adalah mesin pencari yang berbeda dari Google yang mengharuskan Anda mengirimkan peta situs situs web Anda. Sama seperti mengirimkan ke Google, Anda perlu memeriksa situs web Anda terlebih dahulu. Selama proses peninjauan, masukkan peta situs XML situs Anda dan klik tombol Tambahkan.

Baca Juga: Strategi Membuat SEO di Google

Kesimpulan

Peta situs adalah bagian terpenting dari sebuah situs web. Peta situs tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga mempercepat proses pengindeksan dan crawler mesin pencari robotik.

Demikian tutorial yang dapat Tipspraktiz berikan mengenai cara membuat sitemap di WordPress. Kami berharap langkah-langkah dalam tutorial ini dapat membantu Anda membuat peta situs di situs web Anda dan menautkannya dengan baik dengan mesin pencari.

Tinggalkan komentar