9 Cara Memulai Bisnis Online Dari Awal

Bisnis online adalah suatu kegiatan usaha jual beli barang yang dilakukan secara online. Untuk memulai bisnis online ini di perlukan beberapa tips khusus agar bisnis bisa semakin maju. Berikut ini adalah cara untuk memulai bisnis online dari awal yang bisa Anda ikuti.

Pernahkah Anda merasa gaji yang Anda dapatkan di kantor masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan Anda? Kadang-kadang Anda bahkan harus menghitung di sana-sini untuk memenuhi kebutuhan?

Jika Anda merasakan hal ini setiap bulannya, itu tandanya Anda membutuhkan penghasilan tambahan.

Pertanyaan selanjutnya, bisnis atau bisnis apa yang bisa dijalankan di samping pekerjaan utama Anda? Sebenarnya ada banyak ide bisnis sampingan di luar sana, tetapi secara realistis Anda bisa memulai bisnis online.

Mengapa realistis? Karena Anda bisa berbisnis online kapan saja, di mana saja. Bisa dilakukan di waktu senggang sambil duduk di bus atau naik ojek online ke kantor. Itulah mengapa saya pada kesempatan kali ini menyajikan cara memulai bisnis online dari awal.

9 Cara Memulai Bisnis Online

1. Terinspirasi oleh teman atau keluarga

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya Anda melakukan riset tentang produk apa yang sedang dicari orang saat ini. Bisa berupa produk yang sedang tren atau produk yang selalu dibutuhkan banyak orang.

Anda bisa memulai penelitian ini saat bertemu teman atau keluarga. Dengarkan apa yang sering mereka katakan tentang produk yang sedang dibahas.

Cari tahu di mana menemukan produk yang didambakan. Termasuk mencari supplier yang bisa menawarkan harga termurah.

Anda perlu memahami kebutuhan masyarakat pada tahap awal ini. Ingat, produk yang nantinya dijual adalah yang dibutuhkan banyak orang. Bukan karena Anda menyukainya dan kemudian ingin menjualnya.

2. Tentukan produk yang akan dijual

Anda juga bisa melakukan riset secara online dengan mencari kata kunci atau keyword yang sedang dicari pada suatu produk (biasa disebut riset kata kunci). Semakin banyak orang mencari menandakan bahwa produk tersebut sedang di butuhkan.

Tapi ingat, bersaing menjual pasti tidak akan mudah. Karena pasti banyak orang yang juga memiliki pemikiran yang sama. Jadi, pikirkan baik-baik produk yang akan Anda jual sebagai penambah penghasilan.

Anda dapat memilih antara dua jenis produk untuk ini. Yang pertama adalah apa yang sedang tren. Produk kedua adalah sesuatu yang tahan lama, tidak pernah ketinggalan zaman dan selalu di butuhkan oleh masyarakat. Selama harga yang ditawarkan cukup kompetitif, penjualan Anda pasti akan memiliki pembeli.

3. Pilih sistem penjualan

Bahagia karena Anda hidup di era digital saat ini. Memang, dunia digital atau online telah mempermudah banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk sumber produk dan kemudian menjualnya kembali untuk keuntungan tambahan.

Salah satu sistem penjualan yang banyak di gunakan saat ini oleh para pebisnis online di awal bisnisnya adalah karir dropshipper. Sistem ini menghilangkan kebutuhan Anda untuk menyimpan persediaan barang yang di jual. Serahkan pada pemasok atau penjual utama.

Yang harus Anda lakukan adalah mencari pembeli, pengiriman barang menjadi tanggung jawab pengecer. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati saat memilih trader yang memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai kualitas barang membuat Anda menerima banyak keluhan yang tidak sesuai dengan yang Anda iklankan.

4. Buat situs web

Jika Anda kekurangan modal di awal bisnis maka Anda tidak bisa pergi dengan sistem dropship. Anda dapat memilih apakah Anda ingin melakukan pergudangan sendiri sampai pengiriman. Memang hal ini dapat menjaga dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual di mata konsumen.

Untuk melakukan ini, Anda harus mulai membangun situs web yang akan menjadi jendela penjualan Anda di dunia online. Website adalah pusat aktivitas bisnis online Anda. Ini juga menjadi tempat untuk menyimpan data pelanggan yang pasti akan Anda butuhkan suatu saat nanti.

Sebuah website juga bisa menghadirkan banyak pilihan produk yang Anda jual kepada calon pembeli. Ini juga termasuk menerima informasi yang lebih rinci tentang produk yang mereka inginkan.

5. Buka jejaring sosial media

Setelah website Anda live di dunia maya, kini saatnya untuk menyebarkannya. Sebagus dan sekeren apapun website anda, jika banyak orang yang belum mengetahuinya berarti percuma.

Untungnya, ini adalah era media sosial. Anda dapat beriklan di media sosial secara gratis. Media sosial adalah alat promosi yang paling penting ketika memulai bisnis online.

Buatlah akun dan berikan nama toko online atau situs web Anda. Tidak hanya di media sosial, tetapi juga dalam banyak varian. Namun, di Indonesia saat ini, Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube sudah banyak masyarakat gunakan.

Sebaiknya Anda juga sudah memiliki akun pribadi di tiga media sosial terpenting di Indonesia. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyebarluaskan informasi tentang produk dan website yang akan menjadi negara Anda untuk penghasilan tambahan.

6. Sebarkan di marketplace

Anda tidak hanya bisa memperluas area pemasaran produk melalui marketplace melalui media sosial. Adanya marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia atau Shopee memang sangat membantu para pelaku bisnis online untuk mencari pembeli.

Jika website Anda belum masyarakat kenal, marketplace adalah sarana yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Ini juga merupakan sarana untuk membuat orang sadar akan kehadiran toko online Anda. Jadi pastikan setiap produk yang Anda bawa ke pasar selalu mendapatkan pembeli potensial untuk membuka website Anda.

Pada dasarnya, marketplace mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda juga dari media sosial. Lakukan promosi produk yang Anda jual tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Kemudian untuk membiasakan konsumen dengan toko online Anda.

7. Jika perlu, cari asisten

Ini bisa menjadi level berikutnya dari bisnis online Anda. Tapi tidak ada salahnya memulai persiapan sejak dini. Sehingga bisnis Anda dapat terus berjalan dengan cepat tanpa kendala apapun.

Membutuhkan asisten saat bisnis online Anda sudah berjalan. Anda tidak akan pernah bisa menangani semua bisnis kecil. Mulai dari pemasangan iklan barang, penerimaan pesanan, pengemasan dan penerimaan keluhan pelanggan. Anda membutuhkan asisten untuk membantu Anda dengan semua tugas ini.

Anda dapat mencoba untuk mulai mencari asisten yang berasal dari orang-orang terdekat Anda. Bisa jadi istri, suami, anak, atau saudara yang punya cukup waktu luang untuk membantu. Dalam hal ini tentunya menggunakan profesionalisme. Anda harus memberi imbalan atas apa yang mereka lakukan untuk membantu Anda.

8. Buat rekening baru khusus untuk bisnis

Banyak orang yang memulai bisnis online atau offline sering mencampurkan penghasilannya dalam satu akun. Hal inilah yang justru akan mempersulit perusahaan Anda untuk maju. Karena Anda tidak bisa mengukur seberapa besar pendapatan dari bisnis online ini.

Oleh karena itu, ketika memulai bisnis online, Anda harus segera membuka rekening tersendiri. Jangan gabungkan dengan rekening yang menerima slip gaji setiap bulan. Atau Anda mungkin pusing setiap bulan saat menghitung saldo penghasilan Anda.

9. Komitmen dengan kedua aktivitas Anda

Yang tak kalah penting saat memulai sebuah perusahaan adalah komitmen tingkat tinggi. Bahkan jika Anda praktis menghabiskan banyak waktu di kantor, Anda tetap berkomitmen untuk menghabiskan waktu di bisnis online Anda.

Katakanlah Anda bekerja 8-9 jam sehari di kantor. Nah waktu yang Anda habiskan untuk bisnis online ini cukup 3-4 jam sehari. Namun pastikan Anda melakukannya secara konsisten setiap hari.

Bahkan, akhir pekan masih di gunakan untuk menjalankan bisnis online ini. Karena bisnis online berputar sekitar 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa ada hari libur.

Penutup

Memulai bisnis online membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Karena Anda harus pintar membagi waktu antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan Anda.

Jangan biarkan bos Anda menyalahkan Anda karena mengabaikan banyak pekerjaan kantor. Jadi bijaklah dalam mengatur waktu saat memulai bisnis sebagai karyawan.

Sekian informasi yang bisa kami berikan tentang cara memulai bisnis online. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar