Cara Menghapus WordPress, Berikut Caranya

Apakah Anda mencari tutorial mengenai cara menghapus WordPress secara permanen? Anda telah menemukan artikel yang tepat!

Membuat blog telah menjadi tren sejak pertengahan tahun 2000-an. Anda juga bisa bersenang-senang membuat blog menggunakan Blogspot (masih disebut Blogger pada saat itu) atau WordPress.

Anda mungkin hanya ingin tahu cara menghapus blog lama Anda yang sudah kadaluwarsa, konten tidak diperbarui, topik tidak diperbarui, plugin dan widget masih menggunakan versi lama. Alamat blog Anda mungkin selamanya dan terlalu sulit untuk dibaca sehingga Anda ingin menghapusnya.

Sebelum Anda menghapus blog pribadi, sebaiknya periksa dulu apakah blog Anda masih memiliki pengunjung atau tidak. Apakah lalu lintas tetap datang meskipun Anda sudah lama tidak melakukannya? Jika jawabannya tidak, jangan ragu untuk menghapus blog tersebut karena blog tersebut tidak akan menguntungkan Anda.

Cara menghapus blog yang kami berikan di bawah ini khusus bagi Blogspot dan WordPress.com.

Cara Menghapus Blog di Blogspot Secara Permanen

Berikut langkah-langkah untuk menghapus spot blog Anda secara permanen.

  1. Masuk ke Blogger
  2. Klik Pengaturan> Lainnya
  3. Setelah itu Anda akan menemukan tampilan seperti berikut
  4. Sebelum menghapus blog, Anda harus membuat cadangan data terlebih dahulu dengan memilih menu Cadangkan konten dan menyimpannya ke komputer.
  5. Setelah melakukan backup, Anda dapat langsung mengklik tombol Hapus Blog. Sebuah layar akan muncul (lihat di bawah).
  6. Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat pulih dalam 90 hari
  7. Jika sudah yakin akan menghapus blog secara permanen, Anda bisa langsung memilih opsi Hapus permanen

Cara Menghapus WordPress Secara Permanen

Menghapus situs WordPress hampir sama dengan menghapus Blogspot. Di bawah ini adalah cara hanya menghapus situs WordPress versi gratis, bukan WordPress.org atau WordPress yang dihosting sendiri. Berikut metode lengkapnya:

  1. Masuk ke WordPress.com
  2. Pilih menu Pengaturan> Umum
  3. Gulir ke bawah dan pilih Hapus situs secara permanen.
  4. Pilihan untuk mengekspor data blog kemudian akan di tampilkan
  5. Setelah mengekspor, Anda dapat langsung menghapus blog dengan mengklik Hapus Situs
  6. Tidak seperti Blogspot, WordPress tidak menawarkan opsi untuk memulihkan blog dalam jangka waktu tertentu. Setelah Anda menghapus blog di WordPress, blog tersebut akan dihapus secara permanen.

“Ternyata blog saya masih memiliki trafik.”

Di awal artikel disebutkan bahwa boleh saja menghapus blog jika sudah tidak menghasilkan trafik lagi. Bagaimana jika ternyata blog yang Anda tinggalkan masih mendapatkan trafik?

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress

Cara Menghapus Blog Yang Masih Memiliki Trafik

Menghapus blog bukanlah satu-satunya pilihan. Jika menurut Anda konten blog Anda masih relevan dan lalu lintas terus meningkat, Anda dapat bermigrasi ke hosting Anda sendiri dan menggunakan WordPress.org.

Apa itu migrasi Secara sederhana, migrasi memindahkan data dari hosting lama ke hosting baru. Anda mungkin tidak menyadari bahwa saat membuat blog di Blogspot dan WordPress.com, Anda menggunakan hosting dari penyedia blog. Dalam hal ini Blogspot dan WordPress.com.

Namun, banyak syarat dan ketentuan berlaku untuk hosting Blogspot dan WordPress.com. Ada banyak batasan yang membuat Anda tidak bisa bebas untuk menjadi kreatif. Misalnya, Anda tidak dapat memasang plugin, memasang tema berbayar, atau menjalankan iklan AdSense di WordPress.com.

Berbeda jika Anda menggunakan WordPress.org. Anda dapat menentukan sendiri kebutuhan hosting, menggunakan tema berbayar, memasang plugin, memasang iklan AdSense, dan memanfaatkan berbagai keuntungan lainnya.

Jika Anda masih ingin mengelola blog dengan konten lama dengan kualitas hosting yang lebih baik, Anda dapat bermigrasi ke hosting Anda sendiri dan menggunakan WordPress.org.

Bagaimana? Anda yakin ingin menghapus blog Anda?

Tidak masalah jika Anda ingin menghapus blog yang tidak menghasilkan lalu lintas sama sekali. Namun, jika blog lama Anda masih mengontrol lalu lintas, Anda memiliki dua opsi. Opsi pertama adalah menghidupkannya kembali dengan hosting baru, asalkan Anda masih berniat untuk mengelolanya.

Jika Anda benar-benar ingin berhenti mengelola blog, Anda dapat menghapusnya seperti yang telah kami jelaskan di atas. Sekarang Anda akhirnya tahu cara menghapus blog lama Anda di Blogspot dan WordPress.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Baru di WordPress Untuk Pemula

Akhir Kata

Demikian informasi dari Tipspraktiz tentang cara menghapus WordPress. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bermanfaat. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar