6 Cara Optimasi SEO Off Page bagi Pemula

SEO On Page saja tidak cukup. Anda juga perlu mengoptimalkan website dari halaman SEO off page untuk meningkatkan kualitas SEO website secara keseluruhan. Pada artikel ini kita akan membahas pengertian dan cara optimasi SEO off page.

Apa itu SEO Off page?

Off page SEO merupakan langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Jika Anda hanya fokus pada faktor SEO internal website dengan SEO on-page, maka dengan SEO off page Anda perlu mengoptimalkannya dari faktor eksternal. Faktor eksternal yang disebutkan di sini berkisar dari inbound link / backlink hingga berbagi media sosial.

Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang SEO off page adalah bahwa SEO off page adalah tentang membangun tautan. Meskipun SEO off page jauh lebih komprehensif. Pembuatan tautan adalah faktor terpenting dalam SEO off page, tetapi bukan satu-satunya. Ada beberapa langkah yang terlibat dalam optimasi SEO off page dan kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini.

6 cara untuk mengoptimalkan SEO Off Page

Setidaknya ada enam cara untuk mengoptimalkan SEO off page. Keenam pilihan tersebut adalah:

  1. Link Building
  2. Listing Bisnis
  3. Brand Mention di Media Online
  4. Google Bisnisku
  5. Review
  6. Share di media sosial

1. Link Building

Berbicara tentang SEO off page tidak pernah lepas dari link building. Pembuatan tautan adalah faktor terpenting dalam SEO off page. Mengapa tautan menjadi faktor yang paling penting pada SEO off page?

Karena Google menggunakan algoritma yang disebut Page Rank. Page Rank adalah algoritma yang mengevaluasi kuantitas dan kualitas backlink pada sebuah website. Beberapa pakar SEO mengatakan bahwa peringkat halaman sudah ketinggalan zaman. Namun, faktanya Google telah mengkonfirmasi bahwa peringkat halaman masih menjadi faktor peringkat Google.

Sebuah laporan dari Ahrefs juga membuktikan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara jumlah inbound link/backlink ke sebuah website dengan kinerjanya di hasil pencarian.

Grafik di atas menunjukkan bahwa semakin banyak domain rujukan, semakin tinggi lalu lintas organiknya. Domain pengarah adalah domain yang menyediakan inbound link/tautan balik ke suatu situs web.

Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan tautan balik / tautan masuk berkualitas tinggi untuk meningkatkan SEO off page situs web Anda. Jadi faktor apa sajakah yang harus Anda perhatikan ketika membangun tautan? Setidaknya ada lima faktor yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya:

1.1. Page Authority dan Domain Authority

Setiap tautan memiliki kualitas yang berbeda. Kualitas link dari website A berbeda dengan link dari website B. Link dari halaman 1 di website A dan halaman 2 di website A juga memiliki kualitas yang berbeda.

Kualitas tautan ini diukur menggunakan skala Otoritas Domain dan Otoritas Halaman. Domain Authority adalah kualitas profil backlink dalam sebuah domain secara keseluruhan. Otoritas Domain diukur dalam skala dari 1 hingga 100. Semakin tinggi angkanya, semakin baik kualitas tautan domain tersebut.

Di sisi lain, Otoritas Halaman merupakan kualitas tautan di halaman tertentu. Otoritas halaman dihitung dalam skala dari 1 hingga 100. Semakin tinggi angkanya, semakin baik kualitas tautan yang dilayani halaman tersebut.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengetahui DA dan PA di sebuah website?

Anda harus menggunakan aplikasi seperti Moz atau Ahrefs untuk mengetahui kualitas tautan situs web. Moz dan Ahrefs keduanya adalah aplikasi berbayar sehingga Anda harus membayar sedikit uang untuk menggunakannya. Harga paket termurah adalah $99 per bulan.

Namun, Anda dapat menggunakan versi percobaan Moz. Dengan versi uji coba, Anda memiliki waktu hingga 10 kali untuk memeriksa kualitas tautan. Ahrefs juga menawarkan uji coba tujuh hari seharga $ 7.

Ahrefs menggunakan nama metrik yang berbeda, yaitu Peringkat URL (UR) dan Peringkat Domain (DR). Namun fungsinya hampir sama dengan PA dan DA. UR mengukur kualitas tautan pada halaman tertentu, sementara DR mengukur kualitas tautan di seluruh domain.

Jadi ketika Anda menjadi tamu posting atau bekerja dengan pemilik situs web, Anda perlu mempertimbangkan kualitas UR/PA dan DA/DR mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat tautan berkualitas untuk situs web Anda.

Baca Juga: Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Jenisnya

1.2. Dofollow dan Nofollow

Tidak semua tautan dikenali oleh Google. Google hanya mengenali tautan yang tidak mengikuti. Apa itu dofollow? Dofollow adalah link yang dikenali oleh bot Google untuk meningkatkan kualitas otoritas sebuah website. Secara default, tautan di situs web biasanya ditetapkan sebagai dofollow.

Sebaliknya, tautan nofollow disertai dengan tag nofollow, yang memberi sinyal kepada Google untuk tidak mengenali tautan tersebut. Jadi tautan nofollow tidak memengaruhi kualitas otoritas situs web Anda.

Bagaimanakah caranya untuk mengetahui mana link dofollow dan mana link nofollow? Metodenya sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan instalasi ekstensi Chrome NoFollow. Ekstensi Chrome ini menyoroti tautan yang tidak mengikuti.

Lalu link seperti apa yang bagus untuk website Anda? Sebenarnya, itu tergantung pada tujuan Anda. Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan otoritas situs web maka Anda harus mencoba untuk mendapatkan kolaborasi tautan dofollow.

Lain halnya jika Anda hanya berkonsentrasi pada lalu lintas. Tautan nofollow masih berkontribusi ke situs web Anda dalam bentuk lalu lintas. Namun, tautan nofollow tidak memengaruhi kualitas otoritas situs web.

1.3. Anchor Text

Anchor text adalah teks yang berisi link yang dapat diklik oleh pengunjung website. Google menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pencarian adalah teks jangkar. Tautan dengan teks jangkar yang sama persis dengan kata kunci yang ditargetkan menghasilkan kualitas pencarian yang lebih baik daripada yang tidak.

Anda tidak dapat selalu mengontrol teks jangkar pada tautan situs web lain kecuali Anda secara khusus meminta pemilik situs web untuk melakukannya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati. Karena terlalu banyak tautan masuk/tautan balik dengan teks jangkar yang sama persis dapat mengakibatkan penalti Google.

1.4. Relevansi

Relevansi juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat membangun backlink. Usahakan untuk mendapatkan backlink dari website yang masih dalam niche yang sama dengan website Anda.

Misalnya, situs web Anda berada di ceruk kuliner, jadi dapatkan backlink dari situs web yang membahas topik serupa. Hal yang sama berlaku untuk ceruk lainnya. Mendapatkan inbound link/backlink dari niche yang sama memiliki nilai lebih dibandingkan backlink dari niche yang berbeda.

1.5. Trafik

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan ketika membangun backlink adalah lalu lintas. Semakin tinggi trafik sumber backlink, semakin besar kemungkinan Anda akan dibanjiri trafik dari link di website. Karena kemungkinan mengklik tautan ke situs web Anda meningkat setiap saat.

Untuk melihat perkiraan lalu lintas di situs web atau halaman tertentu, Anda dapat menggunakan Ahrefs.

Idealnya, Anda perlu mendapatkan tautan balik dari situs web dengan otoritas yang baik, menyediakan tautan dofollow, menggunakan teks jangkar yang tepat, relevan dengan situs web Anda, dan mendapatkan banyak lalu lintas. Sayangnya, tidak semua website menawarkan lima hal tersebut. Ada beberapa yang hanya memiliki dua dari tiga atau bahkan hanya satu.

Tugas Anda di sini adalah mencari tahu faktor mana yang perlu diprioritaskan. Jika tujuannya untuk membangun otoritas di website Anda, PA/UR dan DA/DR bisa diprioritaskan. Namun, jika Anda hanya membutuhkan lalu lintas yang besar, Anda perlu memprioritaskan lalu lintas di atas situs web pemerintah.

2. Listing Bisnis

Terdaftar di daftar bisnis online juga akan membantu SEO off page Anda. Ada beberapa listing bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa di antaranya yaitu ada Trip Advisor, Zomato, dan GrabFood.

Trip Advisor adalah situs ulasan yang menampilkan daftar akomodasi, rekreasi, dan industri makan. Sedangkan GrabFood dan Zomato hanya untuk restoran.

GrabFood sebenarnya bukan situs ulasan seperti Zomato. Namun, ketika Anda mendaftar sebagai dealer GrabFood, perusahaan Anda akan mendapatkan halaman khusus di situs web mereka. Ini tentu saja dapat berguna untuk SEO off page Anda.

3. Brand Mention di Media Online

Biasanya, setelah menjalankan kampanye atau aktivitas tertentu, bisnis Anda mungkin menerima sebutan merek dari media online.

Apakah penyebutan merek tanpa tautan ke situs web seperti di atas memengaruhi SEO off page? Bisakah Anda mendapat manfaat dari menyebutkan nama tanpa tautan ke situs web?

Soal keuntungan, tentu saja Anda akan tetap diuntungkan jika nama perusahaan Anda disebut-sebut di media online.

Melalui itu, pembaca media online akan dapat lebih mengenal website Anda.

Namun, dari sudut pandang SEO off page, penamaan nama tanpa tautan tidak terlalu berpengaruh. Karena itu tidak dapat menambah otoritas atau lalu lintas Anda.

Jangan kecewa dulu. Karena nama brand berarti media online sudah mengenal bisnis Anda. Anda dapat menghubungi media online dan meminta mereka untuk menambahkan tautan ke situs web Anda di artikel mereka.

4. Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan daftar bisnis gratis dari Google. Siapa pun yang memiliki bisnis dapat mendaftarkan bisnisnya ke Google Bisnisku. Google Bisnisku terbukti berguna untuk meningkatkan kualitas SEO off page Anda, terutama untuk SEO lokal.

Masuk ke Google Bisnisku akan memudahkan bisnis Anda muncul di hasil penelusuran lokal. Perusahaan Anda juga akan muncul di Google Maps. Plus, bisnis Anda memiliki peluang lebih baik untuk muncul di kotak paket makanan ringan hasil pencarian Google.

5. Review

Ulasan produk dan perusahaan Anda juga memiliki dampak penting pada SEO Off Page. Sebuah laporan oleh Moz menunjukkan bahwa peringkat adalah faktor terpenting ketujuh dalam SEO lokal.

Ulasan yang disebutkan di sini tidak hanya berasal dari ulasan Google Bisnisku, tetapi juga dari situs ulasan lainnya. Semakin positif peringkatnya, semakin besar perannya dalam SEO off page untuk situs web Anda.

Sayangnya, pelanggan sering malas memberikan review produk. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengadakan giveaway agar pelanggan termotivasi untuk menulis review tentang produk Anda. Anda dapat menginstruksikan mereka untuk menilai di blog masing-masing, di akun Google Bisnisku, atau di situs ulasan tertentu.

Baca Juga: Strategi Membuat SEO di Google

6. Share di Media Sosial

Google secara resmi menyatakan bahwa share di media sosial bukan merupakan faktor ranking dan tidak berdampak langsung pada SEO. Salah satu alasan mengapa berbagi di media sosial tidak dianggap sebagai faktor peringkat adalah karena terlalu mudah untuk dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan suka dan berbagi dengan satu harga terjangkau.

Lalu mengapa kita masih memasukkan berbagi media sosial sebagai salah satu langkah untuk SEO off page? Karena sharing di media sosial yang original (bukan dari hasil pembelian) masih berdampak tidak langsung pada SEO off page.

Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin besar kemungkinan mereka menjangkau orang-orang yang akan membaca konten Anda. Dengan begitu, potensi konten Anda untuk dibahas, dibagikan kembali, atau bahkan disebut-sebut di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, berbagi media sosial masih penting untuk SEO off page, jika tidak secara langsung.

Penutup

SEO off page biasanya lebih sulit daripada SEO on-page. Karena sebagian besar faktor SEO off page tidak dapat Anda kendalikan sepenuhnya. Namun, semua kerja keras ini akan terbayar karena otoritas dan lalu lintas Anda meningkat setelah menerapkan semua langkah optimasi SEO off page.

Namun, sebelum Anda mulai menerapkan SEO off page, pastikan Anda sepenuhnya mengoptimalkan situs web dari halaman onpage. Mengapa itu penting? Karena tanpa SEO on-page berkualitas tinggi, situs web lain akan enggan merujuk ke situs web Anda. Alhasil, potensi untuk mendapatkan inbound link/backlink ke website Anda semakin berkurang.

Jadi perbaiki SEO on-page secara menyeluruh terlebih dahulu, baru Anda bisa memaksimalkan penggunaan SEO off page.

Demikian cara optimasi SEO off page. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba semoga berhasil.

Tinggalkan komentar