Instagram Effects Tutorial: Berikut Langkah-Langkahnya

Apakah Anda memiliki keinginan untuk membuat filter Instagram sendiri? Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai Instagram Effects Tutorial. Yuk langsung simak saja artikel di bawah ini hingga selesai.

Instagram Stories memang menjadi magnet bagi para pengguna Instagram. Diluncurkan oleh Instagram pada Agustus 2016, fitur video story berdurasi 15 detik ini semakin dibanjiri fitur-fitur yang semakin nyaman bagi pengguna.

Nantinya, Facebook akan memungkinkan penggunanya untuk berkreasi melalui membuat filter Instagram Stories yakni dengan Augmented Reality (AR). Tentunya menggunakan alat bernama Spark AR Studio. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara memakai Spark AR Studio bagi pembuatan filter Cerita Instagram Anda sendiri.

Instagram Effects Tutorial

1. Unduh Spark AR Studio

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat filter Instagram Stories Anda sendiri adalah mengunduh aplikasi Spark AR Studio dari situs resminya di sini. Terdapat dua opsi sistem operasi yang ada: Windows dan MacOS. Unduh dan instal sesuai dengan sistem operasi perangkat yang Anda gunakan.

Setelah menginstal aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuat filter. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut untuk membuat filter. Pertama, Anda harus login ke aplikasi Spark AR Studio dengan akun Facebook yang ditautkan ke akun Instagram di ponsel.

2. Siapkan objek dan aktifkan fungsi pelacak wajah

Langkah kedua adalah menyiapkan objek berupa gambar motif atau topeng tanpa background (seperti stiker) dalam format PNG atau jenis lain yang mendukung gambar tanpa background.

Setelah menyelesaikan kedua tugas tersebut, Anda dapat membuka aplikasi Spark AR Studio di PC atau laptop. Untuk memulai proyek, klik tombol Buat Proyek.

Kemudian klik Sisipkan. Di bagian Scene Anda akan menemukan objek baru bernama faceTracker0. Klik kanan pada objek baru, lalu pilih Add. Kemudian pilih Face Mesh untuk menambahkan model 3D yang akan merespons ekspresi wajah yang dilacak oleh Face Tracker.

Baca Juga: 

3. Tambahkan ke menu FaceMesh & Temukan Material

Langkah selanjutnya adalah menambahkan materi berupa format gambar PNG yang telah Anda siapkan pada langkah sebelumnya. Kemudian tempel gambar tersebut ke jala wajah. Untuk melakukan ini, klik bagian faceMesh0 yang muncul di bagian Scene, lalu alihkan ke bagian Inspector.

Di bagian tersebut, cari menu Material dan klik tanda plus (+) di sebelahnya. Aset bernama material0 secara otomatis akan muncul di bagian Aset yang terletak di bagian bawah layar.

4. Di Shader Type, pilih Face Color dan klik Select File in Texture

Kemudian ubah jenis shader di inspektur menjadi warna wajah dengan mengklik menu drop-down di sebelahnya. Kemudian klik tombol Pilih File di sebelah menu Tekstur dan pilih gambar yang telah Anda siapkan.

Jika tidak terlihat seperti gambar yang Anda inginkan, Anda dapat mengarahkannya ke folder yang sesuai menggunakan file explorer yang muncul.

5. Ekspor ke Instagram di perangkat Anda

Pada langkah terakhir, simpan proyek dengan nama yang Anda inginkan. Untuk mencoba, Anda bisa klik tombol Submit dan pilih Send to App.

Selanjutnya, klik tombol “Kirim” di bawah bagian “Kamera Instagram” dan tunggu prosesnya selesai. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi di akun Instagram pada ponsel. Klik notifikasi yang muncul untuk membuka filter yang berhasil Anda buat dan gunakan filter untuk membuat cerita seperti biasa.

Baca Juga: Nama Filter Instagram Langit Berubah Warna

Kelebihan dari aplikasi Spark AR Studio adalah Anda dapat mengunggahnya ke Spark AR Hub untuk diposkan di Instagram. Jika efek baru yang Anda buat memenuhi persyaratan, semua pengguna Instagram dapat mencobanya.

Ini adalah Instagram Effects Tutorial yang dapat Tipspraktiz berikan. Semoga dapat bermanfaat dan bermanfaat. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar