Kenapa Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan Maaf Sistem Sedang Sibuk

Apakah bingung kenapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan? Untuk mengetahui jawabannya silahkan simak artikel kami pada kali ini hingga akhir.

Terdapat berbagai macam cara mengisi kuota internet Telkomsel. Contohnya melalui aplikasi MyTelkomsel, mengisi kuota melalui MKIOS, lewat pulsa, ataupun melalui memakai voucher kuota Telkomsel.

Namun, sebagian orang lebih memilih memakai voucher Tekomsel karena mereka menganggapnya lebih mudah. Selain itu, harga yang di berikan juga lebih murah, serta lebih rendah resikonya daripada membeli paket internet lewat pulsa.

Walaupun sebetulnya cara memasukkan voucher Telkomsel ini mudah sekali. Anda bisa lakukan dengan mengikuti format *123*Kode Voucher Telkomsel# supaya dapat memakai voucher Telkomsel. Namun, sering juga yang menghadapi masalah misalnya voucher Telkomsel tidak bisa digunakan.

Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan mengulasnya serta juga akan memberikan tips mengatasi voucher Telkomsel tidak bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Supaya lebih jelas lagi, silahkan Anda simak berikut ini.

Kenapa Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan ?

Sebenarnya, alasan mengapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan ini tidak terjadi karena masalah yang serupa. Maksudnya penyebab masalah ini terjadi bisa berbeda-beda.

Sehingga guna mengatasi voucher Telkomsel yang tidak bisa digunakan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui sumber permasalahan yang menyebabkan voucher Telkomsel tidak bisa dipakai.

Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan Maaf Sistem Sedang Sibuk

Di bawah ini kami memberikan beberapa cara mengatasi permasalahan voucher Telkomsel tidak bisa digunakan.

1. Salah Format Saat Menuliskan Kode Voucher

Masalah yang pertama ini terjadi pada saat voucher Telkomsel yang Anda beli memang sungguhan belum pernah dipakai alias masih baru. Dan voucher yang Anda beli juga merupakan voucher Telkomsel regional pada sekitar wilayah tempat Anda tinggal.

Hal tersebut biasanya terjadi karena kesalahan ketika memasukkan format kode MMI (kode dial) untuk memakai voucher. Format kode MMI atau dial up guna memasukakn voucher Telkomsel yang betul yaitu menggunakan kode *133*Kode Voucher Telkomsel#

Pastikan pada saat memasukan kode voucher Telkomsel Anda tidak lagi mengunci mode sinyal 4G Only. Dikarenakan sinyal 4G ini kurang baik di pakai untuk SMS maupun telepon (dial up), namun hanya unggul untuk jaringan internet saja.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menuliskan kode voucher dengan memakai mode sinyal selain 4G only, misal seperti 2G atau 3G.

Apabila ternyata masalah ini masih juga belum mampu teratasi menggunakan cara di atas. Anda dapat mencoba memakai voucher Telkomsel melalui cara yang lainnya, misalnya memasukkan voucher Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel ataupun lewat panggilan ke 888.

Sehingga kesimpulannya yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Pastikan format kode MMI Anda sudah benar
  • Pastikan juga kode voucher Telkomsel yang Anda ketikkan tidak keliru
  • Kemudian pastikan bahwa mode sinyal HP Anda selain 4G only
  • Terakhir, menuliskan voucher Telkomsel melalui cara yang lainnya. Seperti melalui aplikasi MyTelkomsel atapun lewat panggilan ke 888.

2. Error Tidak Terdaftar di Jaringan

Error yang semacam ini sebenarnya sangat jarang di jumpai. Akan tetapi, ini tidak berarti tidak pernah terjadi. Berdasarkan beberapa sumber umumnya error ini muncul pada merek HP Samsung saja. Dan notifikasi kemunculannya hampir sama seperti di masalah MMI tidak valid. Tetapi sayang sekali untuk masalah yang satu ini belum dapat di ketahui solusi yang pasti.

Berikut ini beberapa cara mengatasi. Anda dapat mencoba untuk melakukan ON-OFF pada mode pesawat. Kemudian apabila masih juga gagal menyelesaikan masalahnya, Anda dapat mengatur kembali jaringan seluler melalui cara mengganti jaringan seluler ke provider yang lain. Selanjuntnya mengganti kembali ke jaringan seluler provider Telkomsel.

Baca Juga:

Cara berikutnya yaitu melalui mengubah model sinyal ke 2G, 3G, 3.5G ataupun mode sinyal yang lainnya selain 4G only. Melalui cara mengubah sinyal, kami berharap semoga masalah Anda bisa terselesaikan dan notifikas “Error Tidak Terdaftar Pada Jaringan” tidak muncul kembali.

Sehingga kesimpulannya yang perlu Anda lakukan yaitu:

  • Mencoba melakukan ON-OFF pada mode pesawat
  • Mengganti jaringan seluler ke jaringan seluler milik provider yang lainnya. Kemudian mengganti kembali ke jaringan seluler provider Telkomsel.
  • Mengganti mode sinyal selain 4G only, misal ke 2G, 3G, ataupun mode yang lainnya.

3. Cek Voucher Telkomsel Sudah Digunakan Atau Belum

Guna mengecek Voucher Telkomsel Anda hanya memerlukan nomor Telkomsel yang masih aktif. Biasanya cara ini di pakai guna mengetahui jumlah isi paket data yang ada di dalam voucher tersebut tanpa memakainya.

Jika sudah di pakai, maka isi kuota di dalam voucher tersebut telah tidak tersedia lagi karena telah di pakai. Guna mengetahui apakah voucher Telkomsel yang Anda beli ataupun temukan telah terpakai atau belum, berikut tutorialnya:

  • Kode voucher, misal 9121 3252 2673 237 (15 digit). Guna melakukan pengecekan isi voucher tersebut ataupun statusnya. Silahkan Anda ketik 12 digit saja (3 digit paling belakang tidak perlu Anda ketikkan). Sehingga *123*912132522673#.
  • Terdapat 2 laporan tentang status voucher Telkomsel. Laporan pertama menunjukkan informasi dari paket dan juga masa aktif voucher.
  • Sedangkan untuk informasi yang kedua menunjukkan tulisan “Maaf Voucher tidak dapat digunakan karena telah terpakai”. Hal tersebut artinya memang voucher sudah tidak bisa digunakan lagi.

4. Cara Lain

  • Pastikan bahwa Anda telah menerima SMS konfirmasi tentang aktivasi paket. Jika belum menerima cobalah untuk menunggu beberapa jam, karena bisa jadi sistem sedang mengalami gangguan.
  • Cek status nomor. Pastikan nomor Anda tidak terblokir dan sudah di registrasi dengan memakai data NIK yang berlaku.
  • Restart ponsel, lalu coba lagi untuk memasukkan kode voucher beberapa saat kemudian.
  • Cobalah untuk menghubungi Telkomsel lewat email: [email protected], Facebook : Telkomsel, Twitter : @telkomsel. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor 188 bagi kartuHalo, Kartu As, simPATI, dan Loop.
  • Pastikan bahwa masa berlaku voucher masih aktif.

5. Error Karena Sistem Sibuk / Error

Ada beberapa pengguna yang mencoba untuk menuliskan kode voucher tetapi gagal terus. Dan muncul notifikasi “Maaf sistem sedang sibuk/error”. Hal tersebut pun terus terjadi selama beberapa kali.

Namun, kemungkinan error tersebut muncul karena kartu Telkomsel telah hangus atau bisa juga karena belum di registrasi memakai NIK. Oleh karena itu, silahkan untuk menghubungi Customer Service Telkomsel guna mengatasi masalah ini.

Berikut caranya:

  • Hubungi melalui telepon ke nomor 188. Anda dapat menghubungi secara langsung lewat HP dan akan terkena tarif sebesar Rp 300.
  • Hubungi nomor dalam negeri 0807 1881 811 ataupun luar neger +628110 000 333, berlaku dengan tarif normal.
  • Dapat juga lewat Assistan Virtual pada Aplikasi MyTelkomsel.
  • Line : @Telkomsel, Telegram : @Telkomsel_official_bot

6. Pakai Kode UMB *556#

Terdapat 2 macam kode UMB untuk menggunakan voucher Telkomsel, antara lain:

  • *123#Kode Voucher Telkomsel#
  • *556#Kode Voucher Telkomsel#

Jika kode UMB yang pertama tidak berhasil, cobalah Anda pakai kode UMB yang kedua. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga memperoleh notifikasi dari Telkomsel yang menyatakan bahwa paket internet Anda sudah aktif.

Penutup

Itu tadi informasi yang dapat admin Tipspraktiz berikan tentang bagaimana cara mengatasi voucher Telkomsel yang tidak bisa digunakan dengan cepat dan mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu Anda semua. Selamat mencoba semoga berhasil.

 

Tinggalkan komentar