6 Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Facebook

Apakah Anda sedang memulai sebuah bisnis online dan ingin meraih kesuksesan? Ikuti 6 tips sukses berbisnis online lewat Facebook yang kami berikan di bawah ini.

Ada banyak cara untuk sampai ke Roma. Pepatah ini sepertinya tak lekang oleh waktu. Kalimat ini sebagai simbol agar kita tidak cepat menyerah, selalu berlaku untuk semua orang agar bisa sukses dalam hidup.

Dalam dunia bisnis pun banyak cara dan sarana untuk mengembangkannya. Salah satunya berbisnis di jejaring sosial yang sudah tidak asing lagi bagi para pebisnis online.

Namun, ternyata tidak semua orang bisa menggunakan jejaring sosial ini dengan baik untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Dari sekian banyak media sosial untuk meluncurkan promosi bisnis, Facebook adalah salah satu yang paling populer.

Selain mudah digunakan, berbisnis di halaman Facebook juga gratis. Namun harus diakui bahwa tingkat persaingan yang tinggi menempatkan para pelaku bisnis di Facebook pada hambatan untuk mengembangkan bisnisnya.

Nah, perlu Anda sadari, meski persaingan cukup ketat, ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan agar bisnis online Anda di Facebook sukses. Sesuatu? Simak ulasan berikut ini:

1. Buat Fans Page Online

Semakin banyaknya pemasaran online membuat penawaran jasa pembuatan fans page online semakin meluas. Penyediaan layanan ini dimaksudkan untuk membantu para pelaku bisnis online memperkenalkan perusahaannya kepada masyarakat luas. Sehingga penjualan juga meningkat secara otomatis.

Hadirnya layanan fan page juga memudahkan calon pembeli untuk mendapatkan informasi detail mengenai produk yang Anda jual. Informasi tersebut dimulai dari harga, ukuran, dan bentuk sebenarnya dari produk tersebut.

Dengan banyak informasi yang lengkap, calon pembeli dapat dengan cermat memeriksa produk yang mereka beli dan menghindari penyesalan di kemudian hari karena barang tersebut sangat dibutuhkan.

2. Promosikan Konten Dengan Rajin dan Teratur

Konten yang kami sebutkan di sini adalah halaman fans page online yang Anda buat. Promosi konten bertujuan untuk mendapatkan “suka” sebanyak mungkin dari pengguna Facebook. Ini juga meningkatkan popularitas merek (brand) produk Anda.

Setidaknya ada 2 jenis promosi yang bisa Anda jalankan. Pertama, metode internal yang luas hanya berlaku untuk pengguna aplikasi dan situs Facebook. Kedua, metode eksternal dengan jangkauan promosi yang lebih luas.

Baca Juga: 9 Cara Memulai Bisnis Online Dari Awal

Dengan metode eksternal, konten dibagikan tidak hanya di Facebook, tetapi juga di media sosial lain seperti Instagram (IG), Twitter, dan blog pribadi. Bagaimana? Cukup dengan menautkan tautan halaman penggemar perusahaan Anda dengan tautan media sosial lainnya.

3. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Tentu saja, foto-foto produk yang Anda bagikan berdampak besar pada jumlah penjualan di masa mendatang. Sebelum mengunggah foto, pastikan kualitas foto sudah sesuai standar atau tidak. Gunakan kamera yang bagus saat mengambil foto.

Perhatikan juga sudut atau sisi (angle) dan pencahayaan yang benar pada saat memotret untuk hasil terbaik. Jika Anda baru mengenal dunia fotografi, Anda bisa menggunakan jasa fotografer untuk mengambil foto-foto ini.

Pilih fotografer handal agar hasil jepretan produk Anda juga akan menarik. Sehingga menambah nilai lebih pada produk yang nantinya Anda pasarkan.

4. Bagikan dan Kumpulkan Testimoni Dari Pembeli

Berbagi dan mengumpulkan testimoni atau umpan balik dari pembeli produk Anda sangat penting. Keuntungannya adalah calon pembeli dapat mempercayai produk Anda dan meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Tidak jarang bisnis online akhirnya gulung tikar hanya karena gagal membangun kepercayaan pembeli. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membangun kepercayaan pembeli. Anda tinggal meminta feedback atau penilaian pembeli atas pelayanan dan kualitas produk yang Anda jual saat barang sudah berada di tangan pembeli.

Agar testimoni yang di terima positif, berikan pelayanan yang maksimal kepada pembeli. Sangat penting untuk memperhatikan tidak hanya layanan, tetapi juga kualitas produk dan juga perkiraan pengiriman dan transaksi, kemudahan pengembalian produk jika tidak memenuhi kriteria.

5. Tampilkan Produk Dengan Jelas

Sangat penting untuk menjelaskan atau mendeskripsikan produk sejelas mungkin berdasarkan ukuran, warna, merek dan model produk. Deskripsi yang jelas memberikan gambaran tentang bentuk asli dari produk yang Anda jual.

Tentunya juga harus Anda perhatikan agar deskripsi benar-benar sesuai dengan kondisi asli barang yang di jual. Hal ini penting agar pembeli tidak kecewa jika produk sampai ke tangan mereka.

6. Membangun Interaksi Yang Baik Dengan Pembeli

Interaksi antara penjual dan pembeli sangat penting untuk diperhatikan. Cobalah untuk tidak mengganggu interaksi ini saat barang yang di beli sampai di tangan pembeli. Tetap dan berinteraksi dengan pembeli selama Anda menjalankan bisnis online ini.

Tidak ada salahnya memberikan kupon diskon kepada pembeli. Ini juga merupakan cara untuk membangun interaksi dengan pembeli produk Anda. Kupon yang Anda keluarkan juga akan mendorong pembeli untuk kembali berbelanja di platform bisnis online Anda.

Baca Juga: Tutorial Instagram Bisnis Untuk Pemula

Jika cara ini berhasil Anda terapkan, tingkat penjualan produk Anda akan selalu meningkat dan akan terjaga dengan baik dari waktu ke waktu.

Rajin dan Sabar Menjalankan Bisnis Anda

Setiap perusahaan akan selalu mengalami pasang surut. Anggap semua ini sebagai pembelajaran dan belajar dari pengalaman dengan mengoreksi kesalahan dan kekurangan yang ada. Hambatan berupa persaingan dan keterbatasan modal dapat menjadi salah satu kendala.

Namun jiwa yang pantang menyerah dan pantang menyerah harus di miliki oleh setiap orang yang benar-benar ingin menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur). Anda harus rajin dan sabar dalam membangun bisnis agar di kenal dan jangan lupa untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Demikian 6 tips sukses berbisnis online lewat Facebook yang dapat Tipspraktiz berikan. Anda dapat mencoba untuk mengikut tips tersebut. Salam Sukses!

Tinggalkan komentar