Tutorial Instagram Bisnis Untuk Pemula

Kehadiran Instagram Bisnis membuat iklan online Anda semakin mudah. Karena banyak fitur Instagram Business yang tidak ada di akun pribadi. Anda ingin menggunakannya namun belum mengetahui bagaimana caranya? Tenang saja kami akan memberikan tutorial Instagram Bisnis ini.

Anda hanya perlu mengetahui cara membuat bisnis Instagram untuk mendapatkan semua keuntungannya. Dari branding hingga menjangkau audiens yang lebih luas.

Bahkan jika Anda memiliki situs web, Instagram Business dapat menjadi platform yang mendukung untuk mengarahkan lalu lintas dan prospek.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat akun Instagram bisnis, manfaatnya, dan cara memaksimalkan kemampuan Instagram for Business untuk meningkatkan penjualan.

Tutorial Instagram Bisnis: Cara Membuat Akun

Cara Membuat Instagram Bisnis mirip dengan membuat akun pribadi. Perbedaannya adalah mengubah status akun bisnis di pengaturan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Instagram terdaftar
  2. Buka halaman Pengaturan
  3. Tentukan kategori bisnis
  4. Masukkan detail kontak dan lokasi perusahaan
  5. Link ke halaman Facebook
  6. Lengkapi data profil

Langkah-langkah di atas dijelaskan lebih detail di bawah ini:

1. Masuk ke akun Instagram terdaftar

Langkah pertama dalam membuat bisnis Instagram adalah masuk ke aplikasi Instagram Anda.

2. Buka halaman Pengaturan

Kemudian klik ikon 3 baris di sudut kanan atas profil dan pilih Pengaturan.

Setelah itu, klik Beralih ke Akun Profesional seperti yang ditunjukkan.

3. Tentukan kategori bisnis

Selanjutnya, Anda akan diminta menentukan jenis profil yang akan digunakan. Karena ingin menggunakan Instagram for Business, Anda bisa memilih Profil Perusahaan.

Sementara itu, sebagai kreator atau influencer konten, Anda bisa menggunakan Creator Profile.

Kemudian tentukan kategori bisnis Anda. Anda bisa langsung memasukkan kata kunci kategori yang relevan di kolom pencarian. Jika ya, klik Next.

Jangan khawatir, apa pun jenis bisnis atau peluang bisnis yang Anda manfaatkan, Anda dapat mencarinya di sini.

Baca Juga: Nama Filter Instagram Langit Berubah Warna

4. Masukkan detail kontak dan lokasi bisnis

Selanjutnya, Anda akan melihat halaman verifikasi kontak. Di sana Anda perlu memasukkan beberapa informasi yang tidak lengkap seperti nomor telepon dan lokasi bisnis. Jika ya, klik Next.

5. Tautan ke halaman Facebook (opsional)

Pada tahap selanjutnya, Anda dapat menghubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook. Tujuannya adalah untuk mengotomatiskan postingan di halaman Facebook Anda setiap kali Anda mengupdate konten di Instagram perusahaan Anda.

Namun, jika Anda tidak memiliki Halaman Facebook, Anda dapat melewati pengaturan ini dengan mengklik Jangan sambungkan ke Facebook sekarang.

6. Lengkapi data profil

Langkah terakhir dalam membuat bisnis Instagram adalah memasukkan informasi profil bisnis Anda. Berdasarkan nama, username, alamat website (jika ada), bio dan menambahkan foto profil. Setelah selesai, klik Selesai di kanan atas halaman.

Manfaat Instagram Bisnis

Riset menunjukkan bahwa 60 persen orang sering menemukan produk baru di Instagram. Konon, Instagram memang pantas menjadi platform pilihan untuk iklan online.

Selain gratis, Instagram Business memiliki banyak keunggulan dan fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan company profile, yaitu:

1. Wawasan Instagram

Hal hebat pertama yang dimiliki akun bisnis Instagram adalah Insights. Insights adalah alat analitik yang menampilkan data untuk setiap aktivitas di halaman akun Anda.

Di sinilah Anda dapat secara eksplisit melihat performa bisnis Instagram. Anda bahkan dapat menggunakan skala tayangan dan jumlah pengikut untuk menentukan data demografis dan waktu buka yang disukai pengunjung.

Jelas, Anda tidak akan menemukan manfaat menggunakan profil pribadi ini. Anda mungkin hanya dapat melihat jumlah suka dan komentar maksimum sebagai ukuran dari seberapa banyak bisnis yang Anda dapatkan.

2. Iklan Instagram

Fitur Instagram bisnis selanjutnya adalah iklan. Dengan bantuan iklan, peluang Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens bisa lebih besar. Anda dapat menargetkan audiens target Anda secara lebih spesifik berdasarkan usia, demografi, minat, perilaku, dll.

Nantinya, iklan Anda bisa otomatis muncul di tempat yang berbeda saat target audiens menggulir ke bawah timeline Instagram mereka. Anda juga dapat melihat iklan di antara cerita mereka.

3. Tombol Kontak dan Email

Apakah Anda dapat melihat perbedaan profil pada gambar di atas? Ya, profil di atas memiliki tombol tambahan berupa Telpon dan Email.

Inilah yang Anda dapatkan saat menggunakan profil perusahaan di Instagram. Pengunjung yang mampir akan lebih mudah menghubungi Anda dengan dua tombol tersebut.

Sekilas, tombol ini terlihat sepele. Namun tombol ini bisa memudahkan pengunjung yang sangat membutuhkan bantuan Anda. Ia bahkan dapat menghubungi Anda lebih cepat jika seseorang ingin mengundang kolaborasi.

4. Informasi kategori bisnis

Fitur Instagram bisnis terakhir yang bisa Anda gunakan adalah menampilkan data kategori bisnis tempat Anda bekerja. Informasi ini secara otomatis ditampilkan di bagian atas bio profil Anda sehingga pengunjung mengetahui area bisnis apa yang Anda tawarkan.

Ada beberapa kategori bisnis yang dapat Anda pilih, seperti: B. Kecantikan, Agensi, Musik, Tour & Travel, Desain, Toko Retail, Fashion, Keuangan dan banyak lagi. Pemilihan kategori bisnis ini dapat disesuaikan saat Anda mendaftar akun Instagram bisnis.

7 Langkah Dasar untuk Memaksimalkan Bisnis Instagram Anda

Setelah Anda memiliki akun Instagram Business, Anda mungkin masih bingung harus melakukan apa terlebih dahulu. Berikut beberapa tip tentang cara memaksimalkan akun bisnis Instagram Anda:

1. Tentukan khalayak sasaran

Menentukan target audiens Anda sebelum memposting konten apapun adalah langkah wajib yang tidak boleh dilewatkan. Anda mungkin sangat mahir dalam membuat konten yang menarik, tetapi jika Anda tidak tahu siapa yang Anda targetkan, untuk apa?

Luangkan waktu sebanyak yang Anda bisa untuk melakukan penelitian khalayak yang memadai. Biasanya langkah ini dilakukan dengan menyesuaikan produk / lini bisnis yang Anda miliki.

Misalnya, Anda menjual produk riasan untuk remaja. Jadi target audiens Anda bisa wanita berusia 15 hingga 20 tahun, berstatus pelajar, minat pada produk riasan sederhana alias tidak sulit, dan lain-lain.

Pilihan lainnya adalah memeriksa pesaing Anda yang memiliki kesepakatan serupa. Perhatikan bagaimana mereka menyajikan konten, terlibat, dan konsep apa yang mereka hadirkan untuk memperkuat branding.

2. Optimalisasi profil Instagram bisnis

Anda mungkin sudah tahu kalau bio Instagram hanya bisa diisi maksimal 150 karakter. Ini merupakan pertAnda bahwa Anda perlu menggunakan ruang yang tersedia untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada audiens.

Langkah ini cukup sulit. Namun, cobalah untuk membuat kesan yang akan mendorong audiens Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda. Anda dapat menulis deskripsi produk bisnis Anda, manfaat, nilai, atau penawaran terkait dengan promosi saat ini.

Misalnya , yang menunjukkan nilai-nilai terpenting bisnisnya di bio Instagram, yang menyediakan pusat data terbaik kepada pelanggan sepanjang waktu.

Atau Anda bisa memberi hashtag branding dan meletakkannya di bio seperti Instagram Gojek. Hashtag adalah cara mudah untuk mendapatkan konten buatan pengguna dan melacak seberapa akrab audiens Anda dengan merek Anda.

3. Buat rencana pemesanan

Ada sebuah penelitian yang menganalisis bahwa waktu ideal untuk memposting konten di Instagram adalah antara jam 9 pagi hingga 11 pagi.Namun, apakah penelitiannya benar-benar akurat? Belum tentu.

Karena tidak semua jenis konten diperlakukan sama dengan target audiensnya. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting konten, Anda harus bereksperimen berkali-kali. Anda kemudian dapat menganalisis hasil fungsi Insights Instagram.

Dari situ, Anda bisa tahu kapan audiens Anda online, ramai pengunjung, dan sebaliknya.

Sekarang setelah Anda mengetahui jam buka yang benar, Anda dapat membuat rencana pemesanan.

Alat dapat membantu Anda merencanakan dan membiarkan alat tersebut mempublikasikan konten Anda. Beberapa alat paling populer yang dapat digunakan adalah Hootsuite, ScheduGram, Later, ViralTag, dan lainnya.

4. Buat konten yang menarik

Instagram adalah tentang visual. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan konten semenarik mungkin agar dapat memikat penonton. Ciptakan kesan yang mewakili pelaku bisnis Anda.

Plus, memposting konten bukan hanya tentang mempromosikan produk Anda. Terdapat berbagai macam konten yang dapat Anda bagikan agar tidak terlihat monoton, seperti:

1. Publikasikan ulang foto penonton

Ada dua manfaat untuk memublikasikan ulang foto audiens Anda: ini menunjukkan bahwa Anda peduli tentang mereka dan bahwa bisnis Anda dapat dipromosikan oleh mereka sebagai balasannya. Jadi bisa dibilang cara ini sangat efektif

Tingkatkan jumlah pengikut dan keterlibatan pada saat bersamaan.

Baca Juga: Tutorial Instagram Lengkap dan Mudah untuk Pemula

2. Buat video / IGTV

Instagram tidak pernah kehilangan namanya sebagai sebuah inovasi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya fitur baru yang membuat penggunanya semakin ketagihan. Seperti halnya IGTV, salah satu fitur unggulan yang saat ini digunakan adalah berbagi konten dalam bentuk video.

Jika sebelumnya Instagram membatasi durasi video menjadi hanya 1 menit, IGTV kini memungkinkan Anda membagikan video selama 1 jam.

Tentunya fitur ini akan sangat membantu Anda dalam membuat variasi konten bisnis di Instagram dengan lebih leluasa. Anda dapat membuat tutorial video, dukungan, di balik layar, dll.

3. Kampanye diskon atau giveaway

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, menggunakan Instagram untuk promosi bisnis bukan berarti Anda hanya fokus membahas produk. Ciptakan sesuatu yang akan menarik dan mengesankan audiens Anda. Salah satunya adalah pembuatan kampanye diskon atau giveaway.

Ada keuntungan yang tak terhitung banyaknya dengan cara ini. Dalam hal kesadaran merek, keterlibatan, pertumbuhan pengikut, dan konten buatan pengguna. Anda kemudian juga dapat membuat hashtag khusus untuk membuatnya viral. Sekaligus sebagai tAnda untuk membedakannya dengan konten postingan lainnya.

Namun, perhatikan bahwa berbagi konten di Instagram sama dengan mencoba menjadwalkan kiriman. Anda harus bereksperimen beberapa kali untuk mengetahui jenis konten apa yang bekerja paling baik.

5. Buat Cerita Instagram

Fitur Instagram selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah Stories. Riset menunjukkan bahwa 39 persen pengguna Instagram mengaku tertarik dengan suatu produk setelah melihatnya di Instagram Stories.

Karena itu, layanan Instagram Stories bisa menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi konten secara langsung dengan audiens Anda dalam periode 24 jam. Dan kemudian kreativitas Anda dibutuhkan.

Dengan Instagram Stories, ada banyak jenis konten yang bisa Anda sajikan untuk menarik penonton. Misalnya konten referensi produk, promosi produk baru, diskon, video di balik layar, dan tutorial.

Ajakan Bertindak dapat Anda lakukan dengan menambahkan tautan ke cerita Anda dengan perintah geser ke atas.

Perintah geser ke atas akan mengarahkan audiens Anda ke halaman tautan yang di tempelkan (misalnya situs web atau YouTube) dengan menggeser layar ke atas. Dengan begitu, fitur ini sangat berguna untuk memberi Anda lebih banyak arahan atau lalu lintas dengan cepat.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa fitur swipe-up memiliki ketentuan tertentu, yaitu Anda harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut.

6. Iklan Instagram

Iklan Instagram di masukkan sebagai fitur Instagram yang sangat diminati para pebisnis. Fungsi ini menawarkan alternatif untuk memasarkan produk Anda ke kelompok sasaran tertentu. Kurang, penggunaannya sama dengan iklan Facebook. Anda dapat menargetkan audiens target Anda berdasarkan demografi, minat, usia, jenis kelamin, dan perilaku.

Ada dua cara untuk menayangkan iklan di Instagram. Yang pertama adalah menggunakan dasbor Pengelola Iklan Facebook. Dan kedua adalah akses langsung ke Instagram. Anda juga dapat membuat konten dalam berbagai format, seperti: B. dengan gambar tunggal, carousel, video, tayangan slide, dan cerita.

7. Lakukan analisis

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menganalisis kinerja akun Instagram bisnis secara keseluruhan. Lakukan ini secara teratur untuk melihat apa dampak yang akan setiap konten dan kampanye miliki.

Anda dapat menganalisisnya dengan mengakses fitur Insights langsung di akun Anda. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih spesifik, gunakan bantuan alat analitik seperti Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social, Bitly, Keyhole, dan banyak lagi.

Agar hasilnya konsisten, Anda dapat menjalankan pengujian A / B untuk menguji strategi mana yang efektif. Berikut beberapa langkah dasar yang dapat Anda lakukan selama pengujian A / B:

  • Tentukan elemen yang ingin Anda gunakan, baik itu berupa foto, video, IGTV, story, caption atau hashtag.
  • Buat dua variasi konten berdasarkan konsep yang diberikan.
  • Lakukan keduanya dan pilih mana yang memiliki konversi tertinggi.
  • Ciptakan inovasi dari konten yang sukses. Dan lihat apakah perkembangan lain dilakukan.
  • Analisis kembali hasilnya dan bagikan dengan tim Anda.
  • Ulangi langkah ini dari awal.

Jika sudah sampai di titik tersebut, kini saatnya memaksimalkan bisnis Instagram Anda dengan strategi yang lebih efektif.

Baca Juga: Tutorial Instagram Ads Untuk Meningkatkan Penjualan

Apakah Anda siap memanfaatkan bisnis Instagram?

Instagram Bisnis adalah salah satu saluran pemasaran terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda. Di artikel ini, Anda belajar bagaimana membangun bisnis Instagram yang nyata.

Kami juga membahas fitur-fitur Instagram Business yang dapat Anda gunakan, seperti: B. Insights, Iklan Instagram, dan Lainnya. Dengan memaksimalkan fitur-fitur ini, Anda dapat menarik lebih banyak audiens.

Faktanya, Anda memiliki kemampuan untuk meningkatkan arahan atau lalu lintas jika situs web mendukungnya. Cukup tambahkan tautan situs web ke bio Anda atau gunakan fungsi geser ke atas untuk menambahkannya ke cerita.

Penutup

Kita bisa melakukannya melalui mengikuti tutorial Instagram Bisnis. Demikian informasi yang dapat Tipspraktiz berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda semua. Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar