Tutorial Membuat Filter Instagram Dengan Mudah

Bagi sobat Tipspraktiz yang ingin membuat filter instagram sendiri. Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial membuat Filter Instagram dengan mudah untuk Anda semua.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Instagram terus memperbarui fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut. Salah satu fitur yang sedang populer saat ini adalah filter AR (Augmented Reality) yang dapat digunakan pada Instagram Story.

Tidak hanya dapat memakai fitur filter saja, namun belakangan ini para pengguna bisa menciptakan fitur sesuai selera dan kreativitas mereka. Bagi kalian yang tertarik untuk membuat filter sendiri, pada kesempatan ini Tipspraktiz akan memberikan informasi seputer filter dan juga tutorial membuat filter instagram dan juga aplikasi yang digunakan. Yuk langsung simak saja ulasan di bawah ini.

Apa itu AR atau Augmented Reality?

Augmented Reality merupakan sebuah teknologi dimana dapat menggabungkan antara benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi kemudian benda-benda maya tersebut diproyeksikan dalam waktu yang nyata.

Cara Mencari Filter Instagram

Dibawah ini merupakan cara untuk mencari filter ig dengan mudah.

Cari di Story Instagram

Langkah pertama, Anda dapat mencari melalui fitur Instagram Story. Pada bagian bawah terdapat pilihan filter yang dapat Anda gunakan. Geserlah ke sebelah kanan sampai pada akhir pilihan filter kalian akan menjumpai opsi Browse Effect. Klik opsi tersebut Jika kalian ingin menemukan lebih banyak pilihan filter.

Pilihlah filter pada menu Browse Effect

Dengan menekan menu pada Browse Effect, kalian akan menjumpai banyak pilihan filter yang dapat digunakan. Filter disana dibagi menjadi beberapa kategori. Setelah kalian dapat filter yang ingin digunakan, klik tombol Try It. Maka kalian bisa langsung menggunakan filter tersebut.

Cara Menyimpan Filter

Ketika Anda memilih filter cara mendapatkan yang diinginkan namun belum ingin untuk mencoba, yang dapat menyimpan filter tersebut terlebih dahulu. Berikut ini cara untuk menyimpan filter Instagram:

  1. Langkah pertama, bukalah filter dengan cara mengklik tombol Try It.
  2. Kemudian kalian bisa menyimpan berita tersebut dengan mengklik button Saved yang berada pada bagian kanan bawah.
  3. Filter pilihan kalian sudah tersimpan dalam library filter yang ada pada Instagram Story milik kalian.

Tutorial Membuat Filter Instagram

tutorial membuat filter instagram
tutorial membuat filter instagram

Berikut Tipspraktiz akan memberikan informasi mengenai tutorial membuat filter Instagram dengan menggunakan aplikasi Spark Ar Studio.

Unduh Aplikasi Spark Ar Studio

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat filter sendiri adalah kalian perlu mengunduh aplikasi Spark Ar Studio melalui situs resmi mereka. Terdapat dua pilihan yaitu OS Windows dan MacOS. Unduh dan install sesuai dengan sistem operasi yang kalian pakai.

Setelah berhasil diunduh dan diinstal, login terlebih dahulu ke aplikasi Spark Ar Studio dengan menggunakan akun Facebook yang terhubung pada akun Instagram di smartphone kalian.

Menyiapkan Objek dan Menyalakan Fitur Face Tracker

Siapkan gambar dengan format PNG yang akan dijadikan objek. Gunakanlah gambar motif atau topeng yang tidak memiliki latar belakang.

Jika sudah, buka aplikasi Ar Studio yang telah terpasang pada PC atau laptop kalian. Kemudian klik tombol Create Project.

Selanjutnya pilih Insert, maka kamu akan menjumpai objek baru dengan nama FaceTracker0 yang terdapat pada bagian Scene. Di objek baru tersebut klik kanan, kemudian pilih Add, dan Pilihlah FaceMesh. Gunanya adalah untuk menambahkan model 3D yang nantinya akan merespon ekspresi wajah yang dilacak oleh FaceTracker.

Tambahkan ke FaceMesh dan Carilah Menu Material

Lalu tambahkan material yang berupa gambar dengan format PNG tadi. Tambahkan gambar tersebut ke bagian FaceMesh dengan cara mengklik pada bagian FaceMesh0 yang terdapat pada bagian Scene. Lalu kalian beralih ke bagian Inspector.

Pada bagian tersebut, carilah menu material, kemudian tekan tombol plus (+) yang terdapat di sebelahnya. Maka otomatis akan muncul aset bernama material0 pada bagian aset yang letaknya di bagian bawah Scene.

Pilihlah Face Paint yang Terdapat di Shader Type & Klik Choose File di Texture

Langkah selanjutnya adalah kalian mengubah Shader Type di bagian Inspectornya Face Paint caranya dengan menekan menu dropdown yang ada di sebelahnya. Lalu klik button Choose File yang terdapat pada sebelah menu Texture, kemudian pilihlah gambar yang sudah disiapkan sebelumnya.

Apabila gambar yang kalian siapkan sebelumnya tidak muncul, kalian dapat mengarahkannya ke folder tempat kalian menyimpan gambar tadi dengan menggunakan File Explorer yang muncul.

Export ke Instagram di Device Anda

Jika langkah-langkah diatas tadi sudah dilakukan, simpanlah proyek tersebut dengan nama yang diinginkan. Untuk mencoba filter yang telah kalian buat, Klik tombol send lalu pilihlah Send to App.

Lalu tekan tombol Send pada bagian Instagram Camera dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Apabila berhasil, maka Anda akan menerima notifikasi di akun Instagram. Klik notifikasi tersebut untuk membuka filter yang telah dibuat tadi, kemudian cobalah filter tersebut untuk membuat Stories.

Aplikasi Spark Ar Studio ini memiliki keunggulan yaitu dapat mengunggah ke Spark Ar Hub lalu kemudian menerbitkannya di Instagram. Apabila filter yang dibuat tadi memenuhi syarat, semua pengguna Instagram bisa menggunakannya juga.

Baca Juga: Filter IG Topi Koboi

Kesimpulan

Sekian informasi mengenai seputar filter dan juga tutorial membuat filter di Instagram. Kalian dapat mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah diatas tadi. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang juga membutuhkan informasi ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar